Penjelasan Cerita Final Fantasy VIII

Penjelasan Cerita Final Fantasy VIII
Penjelasan Cerita Final Fantasy VIII
Final Fantasy VIII, memiliki cerita yang kompleks dengan Plot Twist yang betebaran sepanjang permainan. Walaupun sudah rilis dalam waktu yang sangat lama, masih banyak pemain (termasuk saya) yang bingung dengan jalinan cerita di Final Fantasy VIII.

Berikut ini, akan di jelaskan beberapa hal mengenai apa yang sebenarnya terjadi di cerita petualangan Squal, Riona, dan lainnya dalam dunia FF VIII.

Harap membaca dengan kesadaran bahwa artikel ini mengandung Spoiler bagi yang belum memainkan maupun menamatkan Final Fantasy VIII.

Apa Tema dari Final Fantasy VIII?

Dari luar tampak bahwa FF VIII, menceritakan tentang petualangan Squal Leonheart (MC) dan kawan-kawannya dalam menghadapi ancaman besar. Terlihat seperti cerita kebanyakan JRPG, namun disini cerita tidak berpusat pada sosok Squal, tapi lebih kepada sosok, Ultimecia.

Tentu saja banyak elemen lain seprti alur cerita politik dan pembebasan negara, seorang gadis yang dapat mengirim kesadarannya kembali ke masa lalu, keluarga yatim-piatu, perang antara teknologi dengan alam, kehidupan tentara bayaran dan masih banyak lagi. Namun, itu semua tercipta di atas keberadaan dari Utimecia itu sendiri.

Siapa Ultimecia dan Mengapa ia Bermain dengan Masa lalu?

Ultimecia merupakan seorang penyihir waktu terkuat yang datang dari masa depan. Saat kita memainkan FF VII, tanpa kita sadari, kita telah bertemu dengannya. Ia bertindak melalui para penyihir lainnya (Edea, Rinoa, dan Adel) dan menggunakan kemampuan manipulasinya untuk mengatur pemerintahan dan mengendalikan alam semesta di masanya

Alasan dibalik motifnya tidak dijelaskan secara langsung, tapi dia bermaksud mengirim kesadarannya kembali ke masa lalu guna mengeluarkan sihir yang akan mengontrol seluruh waktu, ruang, dan eksistensi menjadi satu, serta menjadikannya Tuhan dunia.

Mengapa Ultimecia tetap ingin Mengontrol Waktu dan Menjadi Tuhan, Semantara Ia telah Menguasai Alam Semesta di Zamannya?

Tindakan yang dilakukan Ultimecia didasari pada keputusasaan dirinnya melarikan diri dari kematian yang disebabkan anggota SEED legendaris (Party kalian). Tampaknya, dengan menjadi penyihir waktu membuatnya sadar akan kematian yang tak terelakan. Hal ini yang menjadi pemicu mengapa dirinya ingin mengontrol penuh atas waktu, ruang dan eksistensi.

Mengapa Ultimecia hanya Dapat Mengirim Kembali Kesadarannya dan Bukan Dirinya Sendiri?

Hal ini tidak mungkin dilakukan karena tidak adanya sihir maupun teknologi yang mampu melakukan hal tersebut. Ultimecia tidak pernah sekalipun meninggalkan istananya, dan ia mengirim kesadarannya menggunakan sebuah alat, Junction Machine. Alat ini mampu membuat kesadarannya kembali ke masa lalu dan memasuki penyihir yang memungkinkan.

Sayangnya mesin ini memiliki batasan. Dalam rangka mengirim kesadarannya jauh ke masa lalu dan melepaskan sihirnya, ia perlu menemukan sorang gadis bernama Ellone yang memiliki bakat alami dalam mengrim kesadaran seseorang kembali ke periode sebelumnya.

Satu-satunya alasan mengapa Ultimecia begitu terobsesi dengan Ellone dan menyusup ke dalam Galbadia adalah untuk mendapatkan sumber daya dalam mencari Ellone dan menggunakan kemampuannya untuk memuluskan rencananya.

Bagaimana Bisa Ada Machine Junction dan Hubunganya dengan Ellone?

Mesin yang digunakan Ultimecia untuk mengirim kesadarannya ke masa lalu diciptakan oleh Dr. Odine setelah penculikan Ellone. Dr. Odine meniru kemampuan Ellone dan menciptakan Machine Junction yang terbukti berhasil, walaupun belum mampu meniru kemampuan alami Ellone seutuhnya. Menggunakan mesin ini, membuat dirinya mampu mengirimkan kesadarnya pada orang lain di masa lalu - kurang lebih sama saat party kalian melakukan Junction dirinya pada Guardian Force.

Ellone merupakan seorang penyihir yang berbakat yang bermimpi dapat berkumpul kembali dengan keluarganya, dan menggunakan kekuatannya untuk melakukan hal ini (saat kalian memainkan Laguna di dalam gamenya). Ia dilahirkan di sebuah desa bernama Winhill di benua Galbadia, sekitar empat tahun sebelum Laguna menjadi soldier dan lima tahun sebelum Squall dan anak yatim piatu lainnya lahir. Saat ia berumur dua tahun, Perang Penyihir pecah antara Galbadia dan Esthar.

Pemimpin Esthar, Adel, yang sedang mencari pewaris dan memerintahkan untuk mencari para gadis yang memilki potensi. Orang tua kandung Ellone, yang menolak anakanya dibawa dibunuh oleh tentara Esthar, tapi ia berhasil melarikan diri bersama dengan Raine. Kemudian, Laguna seorang soldier Galbadia yang terluka terdampar di pantai dekat Winhill diselamatakkan oleh Raine dan mereka tinggal bersama. Laguna kemudian menjadi ayah angkat dari Ellone dan dia sering memanggilnya "Paman Laguna", dimana akhirnya Laguna dan Raine akhirnya menikah.

Keluarga mereka akhirnya pecah ketika tentara Esthar berhasil menculik Ellone. Laguna pun kemudian pergi untuk menyelamatkannya tanpa mengetahui bahwa Raine telah mengandung anaknya (Squall). Pada tahap ini Dr. Odine telah memulai percobaan untuk menciptakan Junction Machine berdasarkan kemampuan Ellone.

Setelah sampai di Esthar, Laguna bergabung dengan grup perlawanan melawan Adel dan Dr. Odine. Dimana kemudian Laguna membuat alat untuk menahan kemampuan penyihir. Adel yang jatuh ke dalam perangkap kemudian dibuang ke luar angkasa dan Laguna bertemu kembali dengan Ellone.

Dengan kalahnya Adel, orang-orang Esthar pun meminta Laguna untuk tetap tinggal dan memimpin bangsa mereka. Tanpa mengetahui keadaan Raine yang sedang sakit, ia kemudian mengirin Ellone kembali ke desa Winhill, dan berjanji akan menyusulnya setelah menyelesaikan permasalahan di Esthar. Raine kemudian meninggal dunia tidak lama setelah melahirkan, meninggalkan Squall dan Ellone sendirian dan memindahkan mereka ke panti asuhan Edea Kramer. Ellone menjadi kakak bagi anak-anak panti asuhan, terutama dengan Squall dan mereka menjadi cukup dekat.

Suatu hari, Ultimecia yang sekarat mentransfer kekuatannya pada Edea dan mengatakan pada Squall bahwa dia adalah SEED dan menuntunya untuk menemukan Organisasi SEED dengan suaminya Cid. Demi keselamatan Ellone, dirinya kemudian dibawa pergi dengan kapal White SEED tanpa sempat mengucapkan perpisahan pada adiknya, yang kemudian tumbuh dengan mempercayai bahwa ia telah meninggalkannya.

Bertahun-tahun berlalu, Ellone mencoba untuk menggunakan kemampuannya dimana ia mencoba mencegah penculikannya dan membuat Laguna tidak meninggalkan Raine dan melindungu keluarganya (Laguna, Raine, Squall dan dirinya). Dia pun mengirim kembali kesadaran Squall kepada Laguna, tapi tidak berhasil mengubah hal itu.

Sementara hal itu justru menjadi jalan bagi Squall dan teman-temannya untuk menggali ingatan yang terkubur dan membuatnya bertemu kembali dengan Ellone. Hal ini pun mengajarkan Ellone untuk merelakan masa lalu dan lebih mementingkan kebersamaan mereka.

Squall Anak Laguna?

Ya, Squall adalah anak kandung Laguna. Banyak yang salah paham bahwa Rinoa adalah anak dari Laguna. Namun orang tua kandung Rinoa adalah Julia dan Jendral Caraway. Julia sempat menjalin hubungan dengan Laguna, namun semua berakhir saat ia menghilang dalam sebuah misi, lima tahun sebelum Rinoa lahir.

Ini diceritakan dengan jelas di dalam game dimana Raine sedang mengandung anak Laguna saat ia sedang menyelamatkan Ellone. Anak ini diidentifikasai sebagai laki-laki dimana ia dikirim dengan kakak perempuannya ke panti asuhan.

Bukannya dalam buku panduan mengatakan Laguna berumur 27 tahun sementara Squall berumur 17? Itu bukan berarti Laguna membuat Squall saat berumur 10 tahun. Laguna berumur 27 saat ia pertama kali dimainkan dalam cerita Flashbacknya dan 44 tahun ketika kalian bertemu dengannya dalam cerita. Laguna tidak menyadari Squall sebagai anaknya saat pertama kali bertemu, karana ia tidak pernah mengetahui Raine mengandung anaknya saat ia pergi.

Tapi mengapa nama belakang Squall "Leonheart" dan bukannya "Loire", mengingat Squall lahir setelah Laguna dan Raine menikah? Ada yang berspekulasi bahwa ini merupakan nama pemberian Ellone. Tapi lebih memungkinkan bila nama terakhir ini deberikan setelah kematian Raine oleh warga desa atau Edea untuk menjauhkannya dari sosok tersebut.

Teman baik Laguna, Kiros juga pernah mengatakan bahwa Squall memiliki banyak kemiripan dengan Laguna namun ia memiliki mata seperti ibunya. Juga, Laguna pernah berkata, "Setelah semua ini berakhir, kita harus bicara. Aku mengerti jika kau marah." Alasan apa lagi yang membuat mereka megatakan hal itu kepada Squall, bila bukan mereka menyadari bahwa Squall adalah anak dari Laguna dan Raine.

Seberapa penting Event Game di Panti Asuhan?

Dapat dikatakan sangat penting.

Selama perang penyihir, banyak anak-anak yang menjadi yatim piatu. Edea Kramer yang merupakan penyihir yang baik hati dan penyayang, mengambil dan merawat banyak anak yatim piatu ini dan membawa mereka ke Centra ruin. Diantara mereka adalah Squall, Zell, Quistis, Irvine, Selphie, Seifer, dan Ellone - hampir semua anggota party dan beberapa karakter penting lainnya.

Namun banyak dari mereka melupakan masa lalu ini. Hal ini disebabkan karena hilangnya ingatan yang digabungkan dengan GFS Junctioned dalam waktu yang lama (Hanya Irvine dan Ellone yang masih mengingat masa kecil mereka).

Suatu hari, Ulitimecia yang sekarat datang di dekat panti asuhan melalui portal waktu. Ultimecia ingin mengirimkan kekuatannya kepada penyhir lain dan Edea menerimanya. Squall remaja kemudian muncul dan ia mengatakan bahwa Squall adalah SEED, kemudian ia kembali ke dalam portal dan pergi sambil memberi hormat. Edea pun memutuskan untuk membuat sebuah organisasi bernama SEED dimana ia akan melatih para individu menjadi kuat dan berharap suatu hari dapat mengalahkan penyihir itu. Mulai dari sini panti asuhan mulai ditinggalkan.

Cid, suami Edea kemudian melanjutkannya dengan membangun Balam Garden, dimana Squall dan sejumlah anak yatim piatu lainnya mendaftar sebagai siswa. Edea kemudian mendirikan White SEED Ship, dimana ia menyembunyikan dan dilindungi oleh White SEED (anak yatim piatu yang tidak masuk ke dalam Gardens).

Ultimecia kemudian berhasil mengontrol Edea dan membuatnya untuk menguasai seluruh dunia. Squall bersama party-nya berkumpul untuk mengalahkannya, mereka tidak mengingat identitas Edea sebenarnya sampai Irvine menjelasakan tentang masa kecil mereka dan mengembalikan ingatan tentang Edea sebagai ibu asuh yang mereka sayangi.

Apa itu Guardian Force?

Guardian Force merupakan makhluk panggilan atau Summon pada seri ini. Setiap Guardian Force mempunyai karakter khusus sendiri dan hidup dari energy field tertentu didalam sebuah benda atau organisme hidup. Ketika GF di Junction pada manusisa, keduanya akan hidup bersama. Jika manusia memiliki keasadaran sebanding, maka GF akan memberikan kekuatan super dan meningkatkan fungsi tubuh lainnya.

Efek sampingnya yang negatif dari proses ini menyebabkan hilangnya ingatan akan masa lalu mereka. Dalam prosesnya seperti mengeluarkan sesuatu dalam otak demi memasukan sesuatu yang lain (dalam hal ini adalah Guardian Force).

Siapa sebenarnya Dr. Odine?

Odine merupakan karakter yang unik. Dia merupakan peneliti jenius dari negara Esthar dan sangat bangga dengan kemampuannya menciptakan Junction Machine.

Dia memulai karirnya sebagai peneliti monster dan akhirnya menemukan makhluk bernama Guardian Force. Dengan kerjasamanya bersama Adel, Odine berhasil mencipatakan para penyihir dengan kemampuan junction. Juga, dia berhasih memasukkan manusia dengan Guardian Force.

Saat perang penyihir terjadi, Adel mempercayakan pada Dr. Odine untuk menciptakan Lunatic Pandora dan juga membiarkannya untuk melakukan penelitian terhadap Ellone. Saat Laguna berusaha mengalahkan Adel dan menyelamatkan Ellone. Laguna berhasil meyakinkan Odine untuk membantunya mengalahkan Adel dan mengirimnya ke luat angkasa. Ini membuktikan bahwa Odine sebenarnya orang yang baik dan tidak menganggap penelitiannya sebagai tujuan utama.

Perang penyihir, Lunatic Pandora dan Tujuan Adel

Adel dikenal sebagai pemimpin yang kejam dan tidak meanusiawi. Dia memulai perang penyihir dengan Galbadia untuk mendominasi dunia. Galbadia yang tidak menyerang akhirnya berusaha melawan balik. Hal ini justru menyebabkan Galbadia menjadi negara dengan teknologi yang maju.

Menjelang akhir perang. Adel berhasil menemukan cara untuk melakukan Junction antara manusia biasa dengan Guardian Force. Adel juga menemukan Crystal Pillar, sebuah pilar besar yang mampu mengendalikan Lunar Cry.

Mengetahui akan kekuatanya yang sangat dekstruktif, Adel memerintahkan Odine untuk membuat alat yang mampu mengendalikan Lunar Cry dan menciptakan alat Lunatic Pandoran di sekitar Crystal Pillar. Dengan alat ini Adel mampu membuat kekuatan yang dihasilkan Lunar Cry jauh lebih merusak.

Kesalahan terbesar Adel adalah karena dia menculik Ellone demi mencari penerus bagi dirinya. Tentu saja dia akan menghadapi petaka dengan Laguna Liore yang tidak tinggal diam atas penculikan Ellone.

Seandainya Adel lebih fokus terhadap Lunatic Pandora dan usahanya untuk mengalahkan Galbadia. Mungkin dia tidak perlu mati dan berhasil mendominasi dunia.

Kekaisan Centra

Dikisahkan empat ribu tahun yang lalu sebelum cerita Final Fantasy VIII, Centra merupakan negara maju dan sangat berkembang, namun kemudian lenyap dengan hanya menyisakan 2 kota modern Esthar di timur dan Dollet di barat.

Mereka adalah orang-orang cerdas di balik teknologi Balamb, Galbadia dan Trabia Garden. Mereka mampu mencipatakan kota yang dapat melayang. Namu sayang, mereka semua musnah akibat ulah dari Lunar Cry.

Lunar Cry adalah makhluk bulan yang jatuh ke bumi. Dengan jatuhnya monster yang mampu menghancurkan bangsa yang ada dan juga mengubah makhluk lainnya menjadi monster buas menyebabkan mereka sangat mengerikan.

Saat Centra berhasil dimusnahkan, Crystal Pillar juga ikut jatuh dan terkubur sampai Adel menemukannya. Menyadari kemampuan Crystal Pillar yang mampu mengulangi Lunar Cry membuat ia akhirnya meminta Dr. Odine menciptakan Lunatic Pandora.

Mengapa Ulltimecia masih membutuhkan Adel, sementara ia telah memiliki Edea.

0 Response to "Penjelasan Cerita Final Fantasy VIII"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel