Mengenal Sosok Sang Maestro Hideo Kojima

Mengenal Sosok Sang Maestro Hideo Kojima - hisplay.blogspot.com
Mengenal Sosok Sang Maestro Hideo Kojima - hisplay.blogspot.com
Siapa yang tak mengenal sosok dari seorang Hideo Kojima, dialah sosok dibalik  franchise game terkenal Metal Gear Solid. Kojima sebelumnya bekerja di Konami dan juga mengepalai Kojima Productions, sebelum akhirnya keluar dari Konami pada 2015 setelah menyelesaikan MGS V: The Phantom Pain. Keluarnya Kojima dari Konami terjadi karena permasalahan internal keduanya yang mengakibatkan beberapa game dibatalkan seperti Silent Hill terbaru.

Lahir di Setagaya, Tokyo pada 1963 dan pidah ke Jepang barat pada usia 3 tahun. Ia sering mengatakan bahwa masa mudanya sering harus berurusan dengan kematian karena ayahnya Kengo Kojima meninggal, saat ia masih muda. Peran ayahnya sangat kuat bagi Kojima, dimana ayahnya membiarkan Kojima untuk menonton film hingga selesai sebelum menyuruhnya untuk tidur. berbeda dengan kebanyakan orang tua lainnya. Peran ini dapat dilihat dalam cerita Metal Gear Solid dimana sosok Naked Snake aka Big Boss selalu diidolakan dan dirindukan oleh anak-anaknya.

Kojima pada awalanya membuat cerita pendek untuk diterbitkan ke dalam majalah namun sering ditolak dikarenakan naskah cerita yang dibuatnya berjumlah 400 halaman, sedangkan pihak majalah hanya ingin cerita pendek dengan 100 halaman. Karena hal tersebut, ia akhirnya mengalihkan minatnya ke pembuatan film bersama temannya yang memilki kamera 8mm.

Dalam sebuah wawancara, Hideo Kojima mengatakan bahwa sebagian besar pengaruh karirnya karena ketertarikanya dengan film. Ia juga kuliah ekonomi dengan menhabiskan waktu luangnya untuk bermain game terutama di konsol, Famicom. Kojima juga mengatakan sangat terpengaruh oleh Shigeru Miyamoto (Super Mario Bros) dan Yuji Horii. Pada tahun keempat kuliahnya ia memutuskan untuk masuk ke industri game, yang mengejutkan teman-temannya dimana ia sebelumnya berambisi untuk menjadi sutradara film.

Pada tahun 1986, Kojima bergabung dengan Konami sebagai desainer dan perencana. Awalnya ia diremehkan karena kurang menguasai pemrograman dan berulang kali mengalami kegagalan.

Mengenal Sosok Sang Maestro Hideo Kojima - hisplay.blogspot.com
Metal Gear (1987)
Game pertama yang ia kerjakan adalah sekuel dari Antartica Adventure, Penguin Adventure, sebagai asisten sutradara. Namun game ini berakhir dibatalkan karena keputusan atasan dari Kojima di Konami. Game pertama yang diliris adalah Metal Gear, pada tahun 1987 yang sangat sukses dan menandai debut dari Solid Snake. Kojima juga di puji karena membuat game dengan setting Cyberpunk dan tema Perang Dingin.

Sekuelnya, Metal Gear 2: Solid Snake keluar pada tahun 1990 dan mencapai kesuksesan yang sama. Game ini dipuji karena gameplay yang canggih dan cerita yang rumit, serta banyak melakukan perubahan signifikan dan penambahan pada seri terdahulunya.

0 Response to "Mengenal Sosok Sang Maestro Hideo Kojima"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel