Persona 5 - JRPG Pencuri Hati

Persona 5 - JRPG Pencuri Hati
Persona 5 - JRPG Pencuri Hati
Kali ini saya akan membahas salah satu game JRPG unik favorit saya, Persona 5. Game ini merupakan seri keenam dari franchise Megami Tensei Persona, yang dibuat oleh Atlus (P-Studio).

Sinopsis Persona 5, menceritakan sekumpulan remaja SMA yang bermasalah, dimana mereka mulai menyadari bahwa mereka hidup di dunia yang berbahaya dan penuh dengan masalah. Dunia mirip penjara yang penuh dengan perbudakan, penindasan, dan ketidakadilan dimana orang dewasa rusak dan salah memerintah.

Atas dasar ingin mendapatkan kebebasan dan keadilan, para remaja ini pun akhirnya memutuskan menjadi Phantom Thieves of Hearts. Dimana di saat siang mereka hanya siswa SMA biasa dengan segala aktivitas belajar dan bermain, namun ketika malam mereka berubah menjadi Phantom Thieves of Hearts.

Persona 5 - JRPG Pencuri Hati
Phantom Thieves of Hearts

Tema dan Cerita

Bila Persona 3 memilki tema kematian dan kesan dark, lalu Pesona 4 tentang persahabatan, mencari identitas diri serta kebenaran, maka tema Persona 5 adalah tentang mendapatkan kebebasan dari perbudakan, kekerasan dan ketidakadilan oranga dewasa dan pemertintah yang korup. Persona 5, memperlihatkan masalah kehidupan sosial Jepang di awal abad 21 ini. Dengan tema ini maka kalian akan memasuki dunia lain untuk mengalahkan para boss, yang disebut The Seven Deadly Sins (Tujuh Dosa Mematikan).

Mereka pun melakukan petualangan fantasi dengan mengunakan persona dan memasuki dunia lain untuk memasuki hati orang-orang dewasa yang korup dalam memerintah dan mengubah mereka.

Cerita persona 5, pastinya sama dengan seri persona sebelumnya, dimana protagonisnya merupakan seorang remaja SMA yang ditransfer ke sekolah lain. Protagonis Persona 5 pun sama dimana protagonisnya merupakan remaja SMA 16 tahun yang ditransfer ke Shujin Academy, di Tokyo.

Saat protagonis menolong seorang wanita yang dilecehkan, ia malah ditangkap karena menyerang orang yang melakukan pelecehan, dengan masa percobaan ia pun dikirim ke Shujin sebagai murid pindahan.

Dia hidup dan tinggal bersama kenalan orang tuanya di sebuah kedai kopi bernama, Cafe le Blanc. Seiring berjalannya cerita bertemu dengan berbagai orang dan mengetahui masalah masing-masing dari mereka. Seiring progres, protagonis akan memasuki sebuah ruangan bernama Velvet Room, dimana ia ditahan dalam masa percobaan oleh orang tua berhidung panjang bernama, Igor serta dua anak kecil, Caroline dan Justine.
Persona 5 - JRPG Pencuri Hati
Igor selalu mencul dalam seri Persona, tentunya di dampingi asisten yang berbeda

Karakter Persona 5

Seri ini memliki kunikan dibandingkan seri JRPG lainnya, dimana hubungan antar karakter dapat mempengaruhi permainan dan cerita.
Persona 5 - JRPG Pencuri Hati
Dari kiri ke kanan: Makoto Niijima, Ann Takamaki, Yusuke Kitagawa, Protagonis, Ryuji Sakamoto, Haru Okumura, Morgana, Futaba Sakura.

  • Protagonis (di manganya bernama, Akira Kurusu)
Seperti kebanyakan karakter utama persona yang tidak memilki nama (pemain bebas menentukan namanya) dan merupakan seorang murid pindahan di Shujin Academy. Seorang yang tenang namun memilki identitas lain sebagai pencuri, dengan nama samaran, Joker dengan persoan, Arsene (seorang pencuri dengan nama yang sama).
Persona 5 - JRPG Pencuri Hati
Protagonis Persona 5
Protagonis Persona 5 ini, tidak banyak berbicara dan tergantung dengan pemain yang menentukan percakapan dan menentukan aliran cerita. Saya rasa ini merupakan karakter utama persona yang sama namun mengalami peningkatan dibandikan seri sebelumnya.

Shigenori Soejima, merencanakan karakter ini sebagai seorang pemimpin yang dapat memikirkan rencana tanpa mengatakan ke lainnya.
Persona 5 - JRPG Pencuri Hati
Pemimpin Phantom Thieves of Hearts dengan Code Name: Joker
  • Ryuji Sakamoto
Kesan preman terlihat dari rambut yang pirang dan pakain sekolah yang dimodifikasi dengan memakai kaos
Sama seperti Kanji di Persona 4, Ryuji dikenal sebagai siswa yang bermasalah di mata para guru. Ryuji merupakan orang yang blak-blakan dalam berpendapat sehingga mengalami permasalahan dengan orang lain, namun sebenarnya dia adalah orang yang baik.

Pemasalahan dalam klub voli menyebabkan dirinya menjadi kasar dan pertemuanya dengan protagonis membuka masalahnya lalu membuatnya mau membuka hatinya.
Persona 5 - JRPG Pencuri Hati
Jujur saya suka dengan desain topeng tengkorak dan senjata pipanya
Saat malam hari ia merupakn seorang Phantom of Thieves Hearts, dengan code name: Skull. Ryuji memilki persona bernama Captain Kidd, yang terinspirasi dari nama seorang bajak laut.


  • Ann Takamaki

Ann merupakan siswa kelas 2-D, teman sekelas dari sang protaginis dan Ryuji Sakamoto. Ia memilki seperempat darah Amerika, dan karena hal itu ia hanya memilki satu teman dekat, Shiho Suzui. Ann juga menjadi target dari pelatih Voli, membuatnya memiliki masalah dan membuat rumor yang tidak benar tentang dirinya.
Persona 5 - JRPG Pencuri Hati
Penampilannya sebagi Phantom Thieves of Heart adalah mengenakan pakaian ketat merah dengan topeng phanter. Ann menggunakan senjata cambuk dan sub weapon senapan. Ia memilki persona bernama Carmen, seorang karakter novel dengan judul yang sama.
Persona 5 - JRPG Pencuri Hati
Seabagi Phantom Thieves of Hearts dengan Code Name: Phanter

0 Response to "Persona 5 - JRPG Pencuri Hati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel